Searching...
Thursday, January 18, 2018

Tutorial Langkah Untuk Memulai Berjualan Online di Situs Bukalapak

1:13 AM

Tutorial Langkah Untuk Memulai Berjualan Online di Situs Bukalapak
Halo Sobat Blogger Selamat Datang disitus Blog Kesayangan Kita Semuanya Hanya Disini www.berbagikasihaja.blogspot.com Gak Sembarang Berbagi.

Baiklah Bagi Anda yang Menemukan Artikel ini, Pastilah Anda Ingin Mengetahui Tentang Bagaimana Sih Cara Memulai Berjualan Online Yang Pasti, Aman dan Sudah Terbukti Berpenghasilan Bukan Sekedar Bisnis Online ‘Hoax’ yang Sangat Ramai Bertebaran di Dunia Maya Diluaran Sana.

Jika Memang Begitu Selamat Bagi Anda Karena Telah Menemukan Artikel Ini, Karena Disini Kami Memberi Solusi yang Bukan Sekedar Omongan Kosong Belaka dan Memang Bertujuan Untuk Membantu Anda Karena Blog ini Memang Khusus Diciptakan Untuk Berbagi Solusi dan Untuk Menuntaskan Masalah Kita Bersama dan Salah Satunya Adalah Masalah Ekonomi yang Mungkin cukup Menyulitkan Bagi Diri Anda Maupun Orang Disekitar Anda saat ini, Tak Usah Khawatir Bahwa Anda Tidak Sendirian Mengalami Kendala ini, Ada Kami Disini yang Siap Menuntaskan Pertanyaan di Hati Anda Selama ini, dan Kami Berusaha Memberikan yang Terbaik dari Apa yang Kami Ketahui, Berharap Semoga Kami Bisa Memberi Manfaat Bagi Anda Diluaran sana, Tidak Perduli Siapapun Anda (Status/Jabatan/Golongan) dan Dimanapun Anda Saat ini Berada.

Sekilas Tentang Berdagang Online 

Bagi Anda yang merupakan orang Awam / Pemula yang mungkin sama sekali belum pernah berjualan secara online (Via Udara) cara ini mungkin suatu hal yang masih belum bisa Anda terima secara logika Anda, Namun pada Dasarnya Berjualan Online sama Halnya dengan Berjualan di Dunia Nyata (Offline) yaitu Adanya Modal (Bahan Dagangan), Pedagang (Yaitu Anda), Para Pembeli (Masyarakat Umum Pengguna Internet), dan Transaksi Uang.

Jika Begitu Lantas Apasaja yang Membedakan Antara Berjualan Secara Online (Toko Online) dan Toko Nyata (Offline) ?

Baiklah, Simak Ulasan Lengkapnya Berikut dibawah ini :

Tampilan Situs Online Marketplace Bukalapak :




Anda Tertarik Ingin Mencoba Berjualan disitus Bukalapak? Jika Iya Silahkan Ikuti Langkah dibawah ini :

Tutorial Cara Memulai Berjualan di Bukalapak

Pertama Adalah  Mendaftarkan Diri Anda, Silahkan Klik DISINI

Kemudian Ikuti Petunjuk Dibawah ini :

1.   Klik tombol Daftar untuk menuju ke halaman pendaftaran.

2. Isi form pendaftaran yang tersedia (menurut gambar di bawah) dengan mencantumkan alamat email yang masih aktif, nama lengkap, password untuk login ke Bukalapak, jenis kelamin, dan username.


3. Klik tombol Daftar.
4. Cek konfirmasi e-mail Bukalapak di e-mail kamu, lalu klik Konfirmasi Email.
5. Jika kamu tidak menerima email konfirmasi, klik Kirim Ulang Email Aktivasi atau cek folder spam di email kamu.

Setelah melakukan pendaftaran, segera lakukan “AKTIVASI” akun Kamu dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka email konfirmasi dari Bukalapak.
  2. Kamu akan melihat tampilan isi e-mail konfirmasi seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan klik Konfirmasi Email



  3. Jika Kamu tidak menerima email konfirmasi, cek folder spam di e-mail kamu atau klik Kirim Ulang Email Aktivasi.

Jika Langkah Diatas Sudah Selesai, Maka Selanjutnya Adalah Mengikuti Syarat dan Ketentuan Situs Bukalapak

Berikut Ini Syarat dan Ketentuan Berjualan di situs Bukalapak :

Untuk Memahami Lebih Lengkapnya, Silahkan Klik DISINI


Perbedaan Berjualan Secara Online (Toko Online) dan Toko Nyata (Offline)

Toko Online (Maya) atau Toko Offline (Nyata)?

Sebelum anda memutuskan untuk memilih ingin fokus dan menjalankan Toko online atau Toko Offline, ada baiknya anda mengetahui lebih dahulu perbedaan Toko online dan Toko Offline ini. Berikut adalah beberapa perbedaan diantaranya:

 1. Modal 

Toko Online 
Membutuhkan modal jauh lebih murah, karena biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka toko adalah gratis (Tidak dipungut biaya, kecuali untuk pembelian quota paket data internet anda)

Toko Offline 
Jelas membutuhkan persiapan yang matang untuk modal. Anda harus menyiapkan modal seperti sewa gedung (yang semakin hari semakin mahal). Harus siapkan modal untuk beli barang yang akan anda jual di Toko Offline anda dsb.

 2. Jangkauan Pemasaran 

Toko Online 
Mempunyai jangkauan yang sangat luas. Anda menemukan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan dunia. Karena melalui media internet / online ke seluruh dunia dan mampu dilihat oleh seluruh orang dari berbagai penjuru kota, wilayah, daerah, bahkan mancanegara (Tak terhalang jarak).

Toko Offline 
Jangkauannya lebih sempit, mungkin hanya pada orang-orang disekitar toko atau hanya sekitaran daerah Tempat/Toko berjualan anda saja. (Terbatas Jarak)

 3. Waktu 

Toko Online 
Tidak terikat oleh waktu. Toko Buka 24 jam. Bahkan saat anda sedang tidurpun bisa saja anda akan menerima orderan/pesanan di website Toko online anda.

Toko Offline 
Hanya bisa buka dengan waktu-waktu yang tertentu, mungkin sekitar 8 jam sehari, dan akan tutup pada tanggal merah dan hari libur.

 4. Sistem Pemasaran 

Toko Online 
Tidak membutuhkan sistem pemasaran yang rumit, seperti harus mengeluarkan banyak modal untuk cetak brosur dan menyebarkannya ke masyarakat, anda cukup melakukan promosi dengan memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, dsb.

Toko Offline 
Masih membutuhkan dan memakai sistem cetak brosur yang membutuhkan modal yang tidak sedikit dan anda juga harus repot membagikan brosur tersebut ke banyak orang agar banyak yang melihat dan belum tentu mereka sempat untuk membacanya. (Tidak Ekonomis)

 5. Jenis Produk 

Toko Online 
Bisa menjual berbagai jenis produk sekaligus. Pedagang lebih mudah menjual jenis barang secara lebih spesifik dan lebih mudah dipahami oleh si pembeli, karena para pembeli mencari barang yang sedang mereka butuhkan secara cepat, tepat, kapan saja, dimana saja, dengan mudah sesuai yang mereka inginkan, hanya melalui penelusuran internet baik melalui komputer, laptop, bahkan melalui telpon genggam milik mereka.
(Tidak Memerlukan Penataan Etalase / Ruangan Stock Barang Dagangan)

Toko Offline 
Bisa menjual berbagai jenis barang dalam satu toko, namun tentunya akan terbatas pada Tempat dan Ruangan Penyediaan stock barangnya.

 6. Jumlah Produk 

Toko Online 
Tidak harus stock produk, anda bisa memilih sistem dropship. Jumlah barangnya juga bisa disesuaikan dengan permintaan dari pembeli anda

Toko Offline 
Anda harus mempunyai stock barang yang akan dipasarkan dan anda perlu mencermati barang apa yang sebaiknya anda stock, dan hal itu tergantung pada permintaan pasar terhadap produk tersebut, karena jika tidak anda bisa saja membuat pemumpukan barang digudang sementara permintaan sedikit atau sebaliknya.

 7. Cara Pembelian 

Toko Online 
Melakukan cara pembeliannya dengan online saja, tidak perlu terjadi tatap muka, semua dilakukan di depan komputer atau smartphone anda, dengan mengetikkan kata yang mewakili nama barang yang sedang anda cari di mesin pencari seperti google, yahoo, dll. Kemudian melakukan transaksi pada website / situs yang anda temukan.

Toko Offline 
Melakukan cara pembeliannya dengan tatap muka langsung dengan pembelinya. Anda akan langsung berbicara dan barter barang dengan pembeli anda.

 8. Sistem Pembayaran 

Toko Online 
Melakukan sistem pembayaran secara online, yaitu berupa transfer bank ke alamat rekening Marketplace atau menggunakan opsi lainnya yang tersedia. Setelah si penjual menerima SMS pemberitahuan adanya order dari si Pembeli, lalu Penjual mengirimkan barang berdasarkan jumlah pesanan si pembeli, maka setelah barang pesanan tersebut dikirimkan ke alamat si pembeli / Jika pesanan barang telah sampai dan diterima ke alamat si Pembeli maka uangpun secara otomatis akan diberikan pihak Marketplace disini contoh Bukalapak (yang "Menahan" sementara uang si Pembeli tadi Untuk Memastikan Hingga Barang Benar-benar diterima Oleh si Pembeli) kemudian pihak Marketplace segera melanjutkan uang yang ditahan tadi kepada si penjual langsung ke alamat rekening si Penjual atau berupa saldo kredit Bukalapak yang bisa langsung ditarik ke Rekening Bank si Penjual jika proses pengiriman barang dari (Penjual) kepada si pembeli barang (Pembeli) telah berhasil diselesaikan. Laporan status pengiriman dan penerimaan bisa langsung dilihat secara Realtime dari Nomor Resi Pengiriman Paket Barang dari Pihak Jasa Pengiriman Barang semisal JNE, JNT, POS dll yang Telah anda cantumkan disitus Marketplace sebagai bukti bahwa anda telah melaksanakan transaksi Pengiriman Barang ke alamat si Pembeli, Pembeli dan Penjual sama-sama merasa Aman dari Tindakan yang sifatnya Merugikan dalam Jual-Beli Barang.

Toko Offline 
Melakukan sistem pembayaran langsung saat pembeli datang memilih barang yang diinginkan, kemudian membayarkannya secara tunai/langsung kepada si penjual, kemudian si pembeli bisa membawa barang yang di belinya secara langsung.

 9. Tenaga Kerja 

Toko Online 
Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengerjakannya, bahkan jika anda pemula, anda hampir tidak membutuhkan karyawan sama sekali, anda bisa menghandlenya sendiri

Toko Offline 
Sangat membutuhkan tenaga kerja bantuan, apalagi anda baru awal buka toko, anda pasti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membereskan barang dan menyiapkan segala sesuatunya diToko Offline anda sebelum anda mulai menjual barang dagangan anda di Toko Offline anda.


 10. Cara Mencari Barang 

Toko Online 
Lebih mudah untuk mencari barang yang anda butuhkan, cukup dengan cara mengetikkan kata/kalimat sesuai nama barang yang sedang anda cari proses pencarian sama halnya seperti penelusuran yang anda lakukan saat berada disitus penelusuran seperti; google, yahoo, bing, dll, setelahnya mesin pencari akan menampilkan secara otomatis sesuai apa yang telah diketikan.

Toko Offline 
Akan lebih sulit untuk mencari barang yang sedang anda butuhkan. Anda perlu tahu toko yang menyediakannya atau anda harus mengunjungi beberapa tempat bahkan mencari di etalase mana dia ada atau butuh bertanya-tanya dulu kepada orang lain yang mungkin mengetahuinya.

 11. Buka Cabang 

Toko Online 
Bisa punya cabang banyak hanya dengan cara buat banyak website, atau buat toko secara gratis di sebanyak market place yang ada atau di merchant-merchant yang ada, biasanya banyak yang menyediakan buka akun toko secara gratis maupun berbayar.

Toko Offline 
Anda bisa buka cabang di wilayah yang berbeda yang pasarnya cukup menjanjikan, namun untuk hal ini pastinya anda harus menyiapkan modal yang tidak sedikit tentunya untuk setiap cabang yang akan anda buka.


Source : rosalinalie.com

Dan Bagi Anda yang Belum Memahami Mengenai Apa itu Situs  Bukalapak Ada Baiknya Anda Membaca Artikel yang Telah Kami Tuliskan Sebelumnya, Silahkan Klik Link Di Bawah ini : 




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Baik dan Bijak dengan Mematuhi Norma-Norma Yang Berlaku, Komentar anda menjadi Tanggung Jawab anda.