Searching...
Friday, October 26, 2018

Apa itu Bitcoin dan Gimana Sih Cara Menggunakan Bitcoin

12:05 AM

Apa itu Bitcoin dan Gimana Sih Cara Menggunakan Bitcoin

Hai.. hai Sobat blogger dimanapun anda berada, selamat datang disitus blog kesayangan kita semua jumpa lagi kita disini dimanalagi kalau bukan disini disitus www.berbagikasihaja.blogspot.com

Nah disempatan kali ini kita akan membahas atau berbicara tentang Apa itu Bitcoin dan Gimana Sih Cara Menggunakan Bitcoin? 




Oke, Baiklah berikut ini penjelasan detailnya tentang Bitcoin..

Apa itu Bitcoin



Bitcoin adalah mata uang digital atau cryptocurrency yang dibuat dan dikembangkan  dimulai sejak tahun 2009, dibuat berdasarkan alogaritma yang terdiri dari huruf dan angka, Bitcoin tidak berwujud fisik seperti uang logam atau kertas yang diterbitkan oleh pemerintah, Dalam kata lain Bicoin berbentuk virtual atau sederhananya Bitcoin bentuknya bisa disamakan seperti pulsa handphone namun fungsinya berbeda dengan pulsa handphone.

Siapa Pencipta / Penemu Bitcoin

diawal kemunculannya Bitcoin sempat menimbulkan polemik  dikalangan pengguna internet atau netizen sebab nama pembuatnya tidak diketahui secara pasti atau bersifat anonymous namun hingga saat ini hanya terdapat satu informasi bahwa Bitcoin dipublikasikan oleh satu orang atau sekelompok orang yang mengaku bahwa nama mereka atau perusahaannya bernama Satoshi Nakamoto.

terlepas dari polemik atau kontroversi siapa penemu dan pencipta sistem pembayaran tercanggih abad ini yang sudah terkenal khususnya bagi kalangan masyarakat  pengguna internet di seluruh dunia, Bitcoin pun kini sudah digunakan sebagai alat transaksi atau pembayaran  secara online setara situs-situs besar seperti Paypal, Perfect money, Neteller, Kartu kredit Visa atau MasterCard, dsb.



Bagaimana Sistem Kerja Bitcoin

Bitcoin sifatnya open manner, sehingga seluruh transaksi yang terjadi dapat dilihat atau diperiksa oleh seluruh orang pengguna bitcoin diseluruh dunia, sehingga tidak adanya rahasia dan penciptanya juga tidak memiliki akses untuk mengatur atau mengubah setiap transaksi yang terjadi sehingga inilah yang membuatnya berbeda jauh dari lembaga keuangan resmi milik pemerintah yakni Bank.

Keunggulan Bitcoin dari Uang Konvensional
1. Transfer Instant secara peer to peer 
Artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki pusat server (Data Pusat) Penyimpanannya bersifat desentralisasi dan menyebar atau terdistribusi dalam kata lain setiap komputer yang dimiliki seseorang merupakan sebuah Bank pribadi yang dapat terhubung ke setiap pengguna yang dihubungkan dalam sebuah jaringan yang bersifat global. 
2. Transfer kemana saja dan kapan saja 
Berbeda dengan uang atau emas, Bitcoin bisa dikirimkan dalam hitungan detik atau menit kapanpun dan dimanapun saat anda inginkan, Pengiriman dan penerimaan Bitcoin dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sebuah smartphone atau melalui komputer yang terhubung internet. 

















3. Biaya transfer sangat kecil 
Seperti pada umumnya setiap transaksi pastilah membutuhkan potongan fee atau biaya biasanya biaya tersebut tergantung dari situs penerbit dompet atau alamat rekening bitcoin, umumnya penerbit dompet Bitcoin akan memotong biaya setiap transaksi sebesar 500-3000 rupiah, tidak perduli seberapa jumlah Bitcoin yang anda kirimkan. 
4. Transaksi Bitcoin bersifat psedonymous 
Kita dapat memantau atau melihat seluruh transaksi yang pernah terjadi pada rekening Bitcoin baik milik kita maupun orang lain, pemilik bisa menampilkan username nya atau pun memilih untuk merahasiakan identitasnya namun semua transaksi tercatat dan bisa dipantau secara terbuka oleh publik (tidak seperti transfer pada Bank).   

5. Tidak dikontrol oleh Lembaga atau Pemerintah apapun 
Bitcoin diketahui menggunakan database Blockchain, database ini merupakan kesatuan unit komputer diseluruh dunia yang tercipta secara otomatis sesaat setelah Bitcoin diterbitkan oleh si pencipta Bitcoin, tersebar ke jutaan server. bagi mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin itu itu berarti mereka harus meretas jutaan server di seluruh dunia secara bersamaan, tentunya hal tersebut sangat tidak mungkin untuk dilakukan bahkan bagi orang sekaliber Albert Einstein. 
6. Anti Inflasi dan Jumlahnya Terbatas 
Suplai Bitcoin hanya tersedia 21 juta Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia, ini menyebabkan jumlahnya terus berkurang setiap 4 tahun sekali seiring meningkatnya jumlah pengguna Bitcoin diseluruh dunia, maka dari itu dengan semakin berkurangnya suplai Bitcoin maka harga Bitcoin semakin hari akan semakin naik tinggi / Mahal dimasa mendatang,  sehingga hal inilah yang membuat banyak orang atau investor berlomba-lomba membeli Bitcoin selain sebagai alat transaksi pembayaran elektronik juga menjadikannya menjadi suatu aset yang sangat menjanjikan atau menguntungkan dimasa mendatang dalam bentuk media digital atau disebut dengan digital asset.
Karakteristik Bitcoin



1. Jumlahnya terbatas, hanya tersedia 21.000.000 Bitcoin diseluruh dunia. 
2. Harganya saat ini sekitar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) Per / 1 Bitcoin (1 BTC) 
Sehingga Tidak Menutup Kemungkinan dimasa mendatang harga Bitcoin dapat Melambung Tinggi Mencapai Milyaran Rupiah Per 1 Bitcoin (Saat Artikel ini ditulis Masih Kisaran Ratusan Juta Rupiah)
3. 1 BTC = 100.000.000 Satoshi (Seratus Juta Satoshi) 
4. Karena penciptanya bernama Satoshi maka unit terkecil yang jumlah kurang dari 1 Bitcoin (Seratus Juta Satoshi) disebut Satoshi.
Misalkan : 1 Sat, 10 Sat, 100 Sat, 1000 Sat, 10000 Sat, 100000 Sat, hingga 1 Bitcon = 100.000.000 Sat

Semakin kecil angka satoshi maka semakin terjangkau untuk anda miliki, dan ingat harga tersebut dapat naik dan turun seiring jalannya waktu.


Dimanakah Bitcoin sebenarnya disimpan

diawal peluncuran Bitcoin, Bitcoin disimpan di setiap komputer pengguna Bitcoin masing-masing yang berbentuk sebuah dompet ataupun dalam bahasa asingnya yakni wallet,  pada waktu itu Bitcoin disimpan didalam software Dompet atau Wallet Bitcoin yang diunduh dari situs Blockchain kemudian disimpan dikomputer masing-masing, Namun hal ini tentunya akan menyebabkan ancaman serius yakni jika komputer Anda rusak atau password dompet Bitcoin anda hilang, lupa, atau dicuri oleh orang lain, Maka saat ini munculah beberapa situs penyedia dompet atau wallet Bitcoin online resmi yang menjamin keamanan setiap transaksi dan kemudahaan anda dalam menyimpan uang atau aset digital anda tersebut tanpa harus khawatir komputer anda rusak atau password anda dicuri oleh orang lain cukup mendaftar dengan menggunakan sebuah akun email.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin

Anda dapat menggunakan Bitcoin dengan cara membeli dan mining (menambang), namun untuk mulai memiliki Dompet Virtual Bitcoin, Anda dapat membuatnya secara gratis disitus resmi indodax atau yang dulunya bernama bitcoin.co.id dan terbesar penggunanya di Indonesia dengan mengisikan data diri lengkap anda, nantinya disana anda bisa membeli Bitcoin dari mata uang Rupiah (IDR) untuk ditukarkan ke mata uang virtual Bitcoin (BTC) serta ada juga banyak jenis koin lainnya koin alternatif (altcoin) selain Bitcoin disana, untuk segera membuat dan memiliki alamat serta dompet atau walletnya silahkan klik link dibawah ini :

Hasilkan Jutaan Rupiah Sekarang Juga!

Lalu Setelah Anda Melakukan Registrasi atau Pendaftaran pada link Situs Exchanger Resmi Indonesia diatas, untuk dapat Melakukan Transaksi Jual dan Beli Rupiah ke Bitcoin dan Bitcoin ke Rupiah anda harus Melakukan Verifikasi Identitas Terlebih Dahulu pada situs tersebut,  Ini bertujuan agar satu orang hanya memiliki satu akun resmi saja tidak boleh lebih dan disi sesuai berdasarkan KTP Anda, Contohnya seperti foto deretan Artis Indonesia yang juga sudah menjadi member situs Exchanger Cryptocurrency Terbesar Indonesia tersebut berikut seperti dibawah ini :











Sekian dan terimakasih atas waktu dan kesempatannya semoga artikel ini bisa memberi manfaat kepada anda dimanapun berada, dan jangan lupa dishare ya kepada lainnya sampai jumpa lagi, daah.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Baik dan Bijak dengan Mematuhi Norma-Norma Yang Berlaku, Komentar anda menjadi Tanggung Jawab anda.